Tips Perawatan Rambut Kering Secara Alami

asd
Perawatan rambut kering
Siapa yang tidak menginginkan rambut lembut dan bercahaya apalagi ketika digerai? Semua wanita kalau ditanya pasti menginginkan rambut yang seperti itu. Apakah rambutnya bergelombang, keriting, lurus – yang penting adalah mudah tidak kering, kusut dan mudah diatur. Namun, sayang sekali banyak wanita yang ternyata memiliki masalah rambut kering. Terkadang mereka yang mengalaminya bahkan sering melakukan perawatan ke salon dan menggunakan vitamin.
Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya tips perawatan rambut kering bukan hanya dengan cara perawatan ke salon dan menggunakan vitamin sebagainya. Yang perlu diketahui lebih dulu adalah apa penyebabnya sehingga bisa menangani dengan tepat. Perlu diketahui pula bahwa rambut tidak mampu melakukan lubrikasi terhadap dirinya sendiri sehingga tetap lembab. Maka dari itu, harus ada tindakan pro-aktif dari kita untuk menjaganya.
Penyebab Rambut Kering
Beberapa penyebab rambut kering biasanya diperparah oleh beberapa hal berikut:
  • Menggunakan hair styling tool dengan pemanas ataupun menggunakan pengering rambut (hairdryer) sering sekali.
  • Memperlakukan kulit kepala dan batang rambut dengan terlalu kasar.
  • Membiarkan rambut terlalu lama terekspos sinar matahari.
  • Memakai produk rambut yang berbahan dasar alkohol.
Tips Perawatan Rambut Kering
Sebenarnya untuk merawat rambut kering adalah menghindari beberapa pemicu yang telah disebutkan sebelumnya. Namun memang sekarang ini beberapa hal yang disebutkan seperti misalnya pemakaian hairdryer dan hair styling tool pasti akan pernah kita pakai. Untuk itu, yang perlu kita lakukan adalah dengan perawatan rutin dengan tepat sasaran:
1. Memilih shampo yang tepat
Shampo yang lembut dan mengandung sedikit deterjen sangat baik untuk rambut kering. Kemudian, perhatikan frekuensi Anda mencuci rambut yakni cukup 2 / 3 hari sekali bergantung pada aktivitas.
2. Selalu memakai kondisioner
Kondisioner sangat penting bagi mereka yang menderita rambut kering. Kondisioner berfungsi untuk merapikan kutikula rambut yang terbuka karena pencucian rambut. Namun perhatikan untuk menggunakan kondisioner pada batang rambut, bukan pada kulit kepala.
3. Nutrisi yang tepat
Tidak hanya perawatan dari luar saja tetapi apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh sangat berpengaruh terhadap kondisi rambut kita. Anda bisa mengonsumsi buah-buah segar seperti alpukat, apel, semangka, melon yang berpengaruh baik terhadap kesehatan rambut.
4. Menghindari benda panas
Sebisa mungkin jika memang tidak memerlukan sekali penggunaan hair-dryer, tidak perlu digunakan. Catok pelurus dan keriting rambut pun sebaiknya dihindari. Alat-alat ini hanya akan membuat rambut Anda menjadi semakin kering dan bahkan patah. Jikapun harus menggunakannya, lindungi rambut dengan serum sebelum memakainya.
5. Perlu perawatan esktra
Tidak dipungkiri bahwa perawatan ekstra dibutuhkan untuk melembapkan rambut yang kering. Anda dapat melakukan berbagai perawatan alami di rumah, selain ke salon. Sebagai contoh, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut:
  • Mengoleskan minyak zaitun pada rambut, lalu diamkan satu am. Kemudian setelah itu, keramas kembali rambut seperti biasa.
  • Masker wortel yogurt bermanfaat untuk membuat rambut jadi lembut.
  • Masker madu dan susu dapat membuat rambut terlihat sehat berkilau.
Intinya adalah berupaya sebisa mungkin agar rambut Anda terjaga kelembapannya dan terhindar dari semakin kering. Kebiasaan yang mungkin kelihatannya sepele namun ternyata merusak rambut pun harus diperhatikan. Untuk itu, mari membiasakan kebiasaan yang memang baik untuk rambut Anda dan lebih peduli untuk merawat rambut. Tips perawatan rambut kering yang telah disebutkan bisa Anda mulai terapkan mulai sekarang. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kerusakan yang lebih parah yang bisa menyebabkan rambut kusam, tidak bercahaya dan tentunya kering. Semuanya bermula dari kebiasaan dan pembiasaan.

0 comments

Post a Comment