Tips Mengatasi Rambut Rontok dengan Cara Alami

asd
Kerontokan Rambut
Kerontokan adalah salah satu hal yang paling menakutkan bagi wanita. Pada umumnya wanita ingin punya rambut yang sehat, lebat dan berkilau. Kerontokan sendiri membuat kuatir karena takut lama-lama mengalami kebotakan. Rambut adalah mahkota wanita, Anda pasti sudah tidak asing dengan pepatah tersebut. Rambut rontok sendiri memang tidak selalu identik dengan hal buruk. Namun tentunya dengan batas normal yakni 60-80 helai setiap harinya. Jika lebih daripada itu maka Anda harus memberi perhatian ekstra!
Beberapa penyebab rambut rontok sendiri, antara lain adalah:
  • Penataan rambut yang tidak tepat dalam jangka waktu lama. Sebagai contoh, mengikat rambut ketat dalam waktu yang lama hanya akan memicu kerontokan.
  • Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, catok rambut dan lainnya. Hal ini akan membuat rambut jadi rapuh.
  • Menggosok-gosok rambut menggunakan handuk. Tahukah Anda bahwa pada saat basah, rambut dalam keadaan yang jauh lebih rapuh. Maka dari itu, menyisir rambut dalam keadaan basah juga tidak disarankan. Atau Anda bisa menggunakan sisir bergigi jarang.
  • Menggunakan produk pewarna ataupun gel rambut dalam waktu yang lama. Para pria pun khususnya sebaiknya membatasi diri menggunakan gel rambut.
Tips Perawatan Rambut Rontok
Tips perawatan rambut rontok tidak perlu harus dilakukan di salon, Anda pun bisa memulainya dari rumah dan dengan cara alami. Semuanya berawal dari kebiasaan dan pembiasaan. Mengacu pada beberapa pemicu kerontokan pada rambut, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:
1. Tidak mengikat rambut dengan ketat
Telah disebutkan bahwa mengikat rambut dengan ketat malah akan memicu kerontokan rambut. Untuk itu, Anda bisa menghindar dari mengikat rambut dengan sangat ketat. Hindari menarik akar rambut, memakai aksesori rambut yang berat dan membuat cepol rambut dalam jangka waktu yang lama.
2. Menggunakan serum pelindung
Khususnya apabila Anda sering menggunakan hair dryer atau catok maka penggunaan serum pelindung sebelum mengaplikasikan alat tersebut diperlukan. Formula yang terkandung dalam serum berfungsi untuk melindungi rambut dari panasnya alat tersebut, polusi dan efek buruk dari sinar matahari.
3. Mengaplikasi kondisioner
Keramas terlalu sering tidak baik bagi rambut Anda, adalah lebih baik untuk keramas 2 kali sehari saja. Tidak lupa untuk mengaplikasikan kondisioner untuk mengurangi kusut dan memudahkan Anda menyisir rambut.
4. Menggunakan sisir lebar ketika basah
Ketika rambut Anda dalam kondisi basah maka gunakan sisir lebar yang bergigi jarang. Namun sebisa mungkin tidak menyisir rambut pada saat rambut basah. Begitu juga dengan menggosok rambut menggunakan handuk. Cukup ditepuk-tepuk saja. Ini dikarenakan rambut basah bertekstur lebih rapuh.
5. Perawatan dengan minyak alami
Tips perawatan rambut rontok lainnya adalah dengan menggunakan minyak alami. Perawatan alami sudah terbukti dari masa ke masa. Memang kelihatannya menggunakan perawatan alami agak merepotkan namun akan lebih baik. Anda dapat mencoba minya zaitun, minyak kelapa ataupun minyak argan – setidaknya seminggu sekali. Nah, dengan perawatan minyak alami ini membuat rambut tidak mudah rontok dan patah.
Rambut rontok sendiri disebabkan karena kebiasaan buruk sehari-hari. Maka dari itu, memerhatikan bagaimana cara memperlakukan rambut adalah penting. Kerontokan sendiri jika dalam tahap wajar merupakan proses pergantian rambut. Namun jika sudah parah, Anda harus jadi lebih waspada. Menerapkan tips perawatan rambut rontok yang telah disebutkan di atas akan membantu Anda. Sebenarnya ada banyak cara lainnya yang mungkin sudah pernah Anda terapkan untuk merawat rambut. Silakan berbagi bagaimana cara merawat rambut rontok versi Anda.

0 comments

Post a Comment