Tips Perawatan Mata dengan Cara Alami

asd
Perawatan mata
Kadang perawatan mata dilupakan. Secara tidak sadar, kita sering kali cuek dan menganggap sepele soal mata. Maka dari itu, jarang sekali melakukan perawatan mata. Padahal efek samping karena tidak sadar menyiksa mata tersebut terakumulasi dan tidak dapat terelakkan jika sudah terjadi. Penglihatan kabur, sakit mata, sakit kepala dan sebagainya. Mata lelah menjadi satu hal yang paling sering karena tidak memerhatikan keadaan mata. Keadaan ini sendiri disebut dengan istilah “Asthenopia”.

Apa penyebab mata lelah? Berikut beberapa hal yang sering kali “secara tidak sadar” kita lakukan sehari-hari, ada salah satunya yang sering Anda lakukan:

1. Baca sambil tiduran
Mata jadi lebih bekerja keras karena harus melihat dari angle berbeda.

2. Menonton televisi dengan jarak dekat
Efek layar monitor punya efek yang sama dengan baca sambil tiduran, apalagi kalau Anda menonton dengan cara tiduran.

3. Membaca di kendaraan yang sedang berjalan
Saat kendaraan sedang berjalan, otot mata bekerja lebih keras dan penglihatan selalu berubah sehingga tidak disarankan.

4. Sinar matahari
Ketika harus keluar rumah pada saat matahari sedang terik, sebaiknya gunakan kacamata hitam atau payung.

5. Menyetir pada malam hari
Ketika malam hari maka mata Anda akan bekerja keras untuk melihat dan sinar dari lampu mobil lain akan membuat mata silau.

Menjahitpun membuat mata jadi lelah karena berupaya melihat lubang jarum dan memasukkan benang ke dalamnya. Oleh karena hal-hal ini sebenarnya mata membutuhkan perawatan agar tetap segar dan sehat. Seperti pepatah mengatakan bahwa “mata adalah jendela dunia”. Tips perawatan mata berikut ini setidaknya akan memberi manfaat bagi Anda yang menerapkannya:

1. Mengenali mata Anda
Yang pertama kali dilakukan dari sebuah tips perawatan mata adalah mengenali daerah sekitar mata Anda. Apakah bagian sekitar mata Anda tipis, sensitif atau mudah muncul lingkaran hitam dan kantung mata. Dengan begitu, kita bisa tahu apa perawatan yang tepat.

2. Membersihkan daerah kulit mata
Membersihkan daerah kulit mata secara rutin namun dengan cara hati-hati dan lembut. Menggosok mata terlalu keras hanya akan membuat iritasi Apabila menggunakan pembersih maka gunakan kosmetik yang sesuai.

3. Gunakan pelembap mata
Pelembap mata berbeda dengan pelembap wajah. Ini dikarenakan tidak ada kelenjar minyak pada daerah sekitar mata. Penggunaan pelembap pun membantu mengurangi lingkaran hitam dan kantung mata. Pelembap pun tidak hanya berasal dari pelembap mata saja tetapi juga dari dalam yakni dengan konsumsi air putih yang cukup.

4. Nutrisi yang tepat
Anda bisa memerhatikan kandungan krim mata yang Anda pakai apakah nutrisi yang terkandung di dalamnya memang cocok atau tidak. Mata sendiri membutuhkan vitamin A, B komplek, C dan D serta vitamin E. Nah, karena itu pilihlah krim mata yang mengandung nutrisi tersebut.

5. Tidur yang cukup
Tidur adalah tips perawatan mata yang paling ampuh! Ini ibarat mematikan lampu ketika lampu tersebut sudah lama digunakan dan panas, begitu juga dengan beristirahat. Ketika Anda memejamkan mata, hal tersebut memberikan dampak positif terhadap seluruh daerah mata Anda. Penampilannya Anda jadi lebih segar! Selain tidur, Anda bisa sambil mengompreskan kantung teh, timun dan sendok makan yang telah dimasukkan ke dalam kulkas.

Sekarang sudah tahu penyebab mata lelah ‘kan? Kadang kita tidak menyadari hal tersebut dan menganggap sepele. Mulai sekarang, yuk, mari lebih memerhatikan kondisi daerah mata dan menerapkan tips perawatan mata di atas tadi!

0 comments

Post a Comment