Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

asd
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau sering disingkat menjadi PHBS adalah salah satu program dari pemerintah sendiri – tepatnya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Lagipula, terlepas apakah hal tersebut adalah program atau tidak – PHBS sendiri sangat bermanfaat bagi kita semua dan orang-orang di sekeliling kita. PHBS sendiri merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan memang atas dasar kesadaran sendiri sehingga anggota keluarga bisa menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

Ya, semua orang dianjurkan untuk menerapkan PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Cakupannya sendiri ada banyak! Namun, mari kita bicara manfaatnya dulu supaya lebih bersemangat menerapkannya:

    Anggota keluarga menjadi lebih sehat dan tidak gampang sakit.
    Anggota keluarga menjadi lebih giat untuk bekerja.
    Anak bertumbuh sehat dan cerdas.
    Pengeluaran biaya rumah tangga bisa ditujukan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga, modal usaha dan pendidikan daripada untuk pengeluaran berobat.

Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Bagaimana kita bisa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat? Poin-poin berikut akan bisa menjadi petunjuk bagi Anda:

1. Menghirup udara bersih
Mengapa harus menghirup udara bersih? Bisa dibilang ini adalah salah satu kunci utama untuk menikmati hidup sehat. Paru-paru Anda tentunya menjadi lebih sehat. Anda pasti sudah tahu apa fungsi paru-paru bagi tubuh. Maka dari itu, Anda bisa bangun pagi-pagi sekali untuk menghirup udara yang masih segar dan tak lupa pula untuk membersihkan AC, kipas angin dan perabotan di rumah.

2. Konsumsi makan bergizi dan seimbang
Mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang tentu akan membuat kondisi tubuh Anda jadi lebih sehat dan prima. Hindari makanan siap saji dan junk food lainnya, namun lebih pilih makanan dengan serat dan gizi yang tinggi. Nah, yang tak kalah penting selalu sarapan setiap pagi!

3. Konsumsi cukup air putih
Air putih adalah yang terbaik dibandingkan minuman apapun. Oleh karena itu, konsumsi air putih secara cukup dan rutin. Setidaknya kita harus minum air putih paling sedikit 8-9 gelas setiap hari. Dengan begitu, fungsi ginjal akan bekerja lebih baik dan mengeluarkan toksin dari tubuh.

4. Seimbang antara kerja, istirahat dan olahraga
Terlampau bekerja keras tanpa istirahat juga tidak baik, tidak bekerja namun terlalu banyak istirahat dan tidak berolahraga pun apalagi. Jadi, ketiga hal ini harus seimbang satu sama lain. Istirahat 8 jam pada malam hari dan tidak begadang serta olahraga rutin 2-3 kali seminggu.

5. Hidup harmonis
Hati yang tenang dan bahagia memberikan dampak positif bagi tubuh. Hindari pula kebiasaan buruk seperti mengonsumsi minuman keras, obat-obatan terlarang dan merokok. Hal ini hanya akan menyiksa tubuh Anda. Kelola pula stres Anda sehingga tidak berdampak terhadap kehidupan Anda.

6. Mengontrol kerja otak
Tidak hanya tubuh yang butuh istirahat, otak pun membutuhkan hal yang sama. Beban yang terlalu banyak membuat otak menjadi mudah stres dan tidak terkendali. Oleh karena itu, coba sisihkan waktu Anda guna merilekskan otak dengan cara misalnya melakukan hobi seperti membaca novel, mendengarkan musik, rekreasi dan sebagainya.

7. Konsumsi suplemen jika perlu
Suplemen bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan Anda apalagi di saat-saat padat jadwal. Namun, bukan berarti harus berlebihan. Tetap seimbang dengan konsumsi makanan segar yang alami.

Nah, dengan menjalani perilaku hidup bersih dan sehat maka tentunya akan berdampak positif bagi tubuh kita dan bahkan juga berdampak positif terhadap orang-orang yang berada di dekat kita.

0 comments

Post a Comment