Saat Marah dan Gelisah, Hidung Lebih Peka Menangkap Bau Tak Sedap

asd
Emosi dan suasana hati sangat dipengaruhi oleh lingkungan, termasuk hal-hal yang tertangkap oleh indra penciuman. Suasana hati yang buruk lebih berhubungan dengan kemampuan mencium bau-bau yang tidak sedap dibandingkan wewanginan.

Sebuah penelitian di University of Wisconsin menunjukkan bahwa suasana hati yang negatif seperti gelisah bisa mengubah persepsi seseorang terhadap bau. Bahkan terkadang, bau yang biasa saja bisa tertangkap sebagai bau tidak sedap saat hatinya sedang gundah.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Bagian otak yang mengatur emosi dan kemampuan mencium bau pada dasarnya saling terpisah. Namun beberapa jenis emosi, khususnya emosi negatif seperti kegelisahan, membuat persepsi otak terhadap bebauan juga cenderung negatif.

Hubungan antara persepsi bau dan emosi maupun suasana hati adalah sebuah lingkaran setan. Suasana hati yang buruk membuat bau-bauan tercium lebih tidak sedap, dan sebaliknya bau tersebut juga akan memperburuk suasana hati. Siapa sih yang tidak gelisah saat mencium bau tidak sedap?

"Emosi Anda bisa mengontrol bagaimana mempersepsikan bau, dan pada gilirannya akan mempengaruhi suasana hati," kata salah seorang peneliti, Wen Li, PhD seperti dikutip dari MensHealth, Rabu (2/10/2103).

Dalam praktiknya, bau-bauan yang bisa memicu emosi negatif sangat bersifat individual. Kebanyakan orang menjadi gelisah bila mencium bau tidak sedap, tetapi tidak sedikit pula yang justru uring-uringan bila ada bau parfum yang bagi orang lain dianggap harum.

Begitu pun cara menghadapinya, dalam banyak situasi sumber-sumber bau tidak mungkin disingkirkan apalagi jika cuma menyangkut persepsi. Menurut para ahli, yang bisa dilakukan adalah mengatasi suasana hati negatif agar bebauan itu tercium lebih harum.

Salah satu cara memperbaiki suasana hati adalah dengan tersenyum. Menurut penelitian di University of Kansas, tersenyum sekalipun dipaksakan, bisa memberikan perasaan sedikit lebih tenang dan bahagia. Tidak percaya? Cobalah tersenyum sekarang juga.

0 comments

Post a Comment