Manfaat Jambu Air yang Kaya Vitamin

asd
Jambu air merupakan tumbuhan suku jambu-jambuan yang berasal dari daerah Asia Tenggara. Jambu air sesuai dengan namanya memiliki kandungan dominan air dalam daging buahnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa jambu air agak sedikit berbeda dengan jambu semarang. Meski kedua jenis jambu ini memiliki kekerabatan yang dekat. Nama jambu air sendiri ada beragam sebutan di wilayah Indonesia. Beberapa nama lainnya antara lain: Jambu aie, Kumas (bahasa Sulut), Jambu jene (Sulawesi Selatan), Jambu waelo. Dikenal pula dengan nama jambu kancing untuk kultivar yang memiliki buah kecil-kecil.

Di beberapa negara lain, jambu air dikenal dengan nama bell fruit atau water apple dalam bahasa Inggris. Sementara itu, di daerah Thailand dikenal dengan nama machom phupa.

Salah satu manfaat jambu air antara lain biasanya disajikan sebagai buah meja untuk dimakan segar. Atau, beberapa pemanfaat lainnya adalah dijadikan bahan rujak dan asinan. Kandungan gizi dalam buah jambu air antara lain adalah:

    Air 93gram
    Kalori 25Kkal
    Protein 0,6gram
    Karbohidrat 5,7gram
    Kalsium 29mg
    Besi 0,07mg
    Magnesium 5mg
    Fosfor 8mg
    Potasium 123mg
    Zinc 0,06mg
    Sodium
    Cu 0,016mg
    Mangan 0,029mg
    Vitamin C 22,3mg
    Thiamin 0,02mg
    Niacin 0,8mg
    Riboflavin 0,03mg

Manfaat Jambu Air

Dari banyak kandungan yang dimiliki oleh jambu air maka ada banyak pula manfaat jambu air yang bisa kita ketahui. Beberapa manfaat jambu air antara lain adalah sebagai berikut:

1. Serat yang tinggi dalam jambu air serta kandungan mineral yang sangat banyak, tentu sangat efektif bagi Anda yang ingin melancarkan pencernaan. Apalagi bagi yang sedang berdiet, bisa memasukkan jambu air dalam daftar buah wajib konsumsi.

2. Kandungan air cukup banyak daripada dagingnya sendiri sangat membantu tubuh agar tidak kekurangan cairan / dehidrasi. Cairan dalam tubuh sendiri bermanfaat untuk membersihkan ginjal dari asam urine dan urea. Kedua kotoran tersebut sebelum dibuang bersama air akan dilarutkan dalam air tersebut. Penyakit batu ginjalpun dapat dicegah karena pengeluaran kotoran lancar.

3. Kandungan vitamin A yang terdapat pada jambu air bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata dan juga memperkuat fungsi sel darah putih.

4. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jambu air berperan sebagai anti-oksidan. Antioksidan sendiri bertugas untuk melakukan perbaikan sel tubuh yang telah rusak seperti kulit dan sebagainya. Jadi, vitamin C merupakan salah satu sumber perawatan kecantikan terbaik. Kulit menjadi lebih segar dan peredaran darah lancar. Maka dari itu, konsumsi jambu air turut membantu perawatan kecantikan kulit.

Ya, dengan berbagai manfaat jambu air yang telah disebutkan ini – kita tentu jadi lebih perhatian lagi terhadap buah yang dianggap sederhana ini. Lagipula, kandungan air sesuai dengan namanya ini benar-benar menyegarkan khususnya ketika cuaca panas. Olahan jambu air juga ada banyak sekali seperti yang telah sempat disinggung tadi. Di daerah Kuning, daun jambu air dimanfaatkan untuk jadi pembungkus tape ketan. Dari daunnya tersebut akhirnya Tape Kuningan terasa manis dan berair banyak.

Asal pohon jambu air memang tidak diketahui pasti. Beberapa ada yang memperkirakan buah ini berasal dari daerah Asia Tenggara. Pohon ini sudah dilestarikan dari dahulu. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi juga daunnya. Apakah Anda sudah memasukkan jambu air dalam daftar belanjaan Anda? Atau berniat untuk menanam buah yang tergolong buah perdu di rumah? Tinggi pohonnya sendiri bisa mencapai 3-10 meter dan memiliki batang bengkok-bengkok dan bercabang. Menikmati manfaat jambu air ini menyegarkan dan menyehatkan!

0 comments

Post a Comment