Manfaat buah apel untuk ginjal - Tips Mengatasi batu ginjal

asd
Penyakit batu ginjal yang dalam istilah kedokterannya disebut Nephrolithiasis atau renal calculi, jenis penyakit organ seperti ini sangat perlu diwaspadai karena sering tidak menimbulkan gejala2 awal, penyakit batu ginjal akan baru terasa sakit jika batu ginjal sudah menutup saluran kencing sehingga menghambat kencing di kandung kemih.
Pembentukan batu ginjal bisa terjadi di bagian mana saja dalam saluran kencing, tetapi biasanya terbentuk di dua  bagian ginjal yaitu pada pasu ginjal (renal pelvis) dan calix renalis.
Batu ginjal terbentuk dari kalsium, fosfat, atau kombinasi asam urat yang biasanya larut dalam urine.
Walaupun tidak bisa diketahui secara pasti penyebab batu ginjal, kemungkinannya adalah terlalu pekatnya urin sehingga menyebabkan zat2 yang terkandung dalam urine mengkristal.
Berikut beberapa gejala yang mungkin timbul setelah terjadi pengkristalan di saluran kemih :
- Rasa nyeri di perut bagian bawah
- Rasa nyeri di punggung, karena penyumbatan ureter, pelvis renalis maupun di tubulus renalis
- Nyeri punggung ini ditandai dengan nyeri hebat yang hilang timbul, diantara tulang rusuk dan tulang pinggang, menjalar ke perut, daerah kemaluan, dan paha dalam.
- Sering mual dan muntah, perut menggelembung, menggigil.
- Sering buang air kecil
- Air kemih berwarna keruh, kuning atau kemerah-merahan, kadang bercampur darah.
Berikut ini beberapa alternatif cara pencegahan dan pengobatan bagi penderita batu ginjal :
> Kemangi
   Kemangi mempunyai efek menguatkan ginjal, untuk mengatasi batu ginjal, cobalah mengkonsumsi satu sendok teh jus kemangi dan satu sendok teh madu. Konsumsi selama enam bulan setiap hari, ini dipercaya bisa mengeluarkan batu dari saluran kemih.
> Apel
   Apel juga sangat baik guna mengatasi penyakit batu ginjal. Untuk penderita bisa mengkonsumsi sari apel murni yang tanpa pemanis, yang bisa dikonsumsi setiap hari, namun untuk penderita akan lebih bermanfaat jika konsumsi hariannya berupa  apel segar. Untuk pencegahan konsumsi jus apel, maupun sari apel, atau apel segar setiap hari sangat dianjurkan, baca juga Apel malang, buah lokal bergizi tinggi.
> Anggur
   Anggur sangat bermanfaat sebagai diuretik, karena buah ini kaya air, dan garam kalium. Selain itu, anggur juga banyak mengandung albumin dan sodium klorida rendah, sehingga sangat cocok mengatasi batu ginjal.
> Buah Delima
   Biji buah delima sangat bagus mengatasi batu ginjal. Untuk penderita batu ginjal, cobalah untuk mengkonsumsi biji buah delima. Caranya haluskan biji buah delima hingga berbentuk seperti pasta, lalu konsumsi setiap hari satu sendok makan.
> Semangka
   Buah kaya air yang satu ini juga sangat kaya garam kalsium, dan merupakan salah satu diuretik yang sangat baik untuk mengatasi batu ginjal.
Ternyata untuk sehat, semuanya ada di sekitar kita, tinggal bagaimana kita gali informasi akan manfaat dan kegunaannya.

0 comments

Post a Comment